TUGAS 2 SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA (TEORI)



Dari gambar diatas, jelaskan istilah-istilah tersebut
1.    DSS (Decision support systems) atau disebut Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis software yang dimaksudkan untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan dengan mengakses sejumlah besar informasi yang dihasilkan dari berbagai sistem informasi terkait yang terlibat dalam proses bisnis organisasi, seperti sistem automatis kantor, sistem pemrosesan transaksi, dll.
DSS menggunakan ringkasan informasi, pengecualian, pola, dan tren menggunakan model analisis. Sistem pendukung keputusan membantu dalam pembuatan keputusan namun tidak harus memberikan keputusan itu sendiri. Para pengambil keputusan mengumpulkan informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan / atau model bisnis untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Ada dua jenis keputusan :
§  keputusan terprogram
§  Keputusan tidak terprogram
Manfaat DSS (Decision Support System)

§  Meningkatkan efisiensi dan kecepatan pengambilan keputusan.
§  Meningkatkan kontrol, daya saing dan kemampuan pengambilan keputusan futuristik dari organisasi.
§  Memfasilitasi komunikasi interpersonal.
§  Mendorong pembelajaran atau latihan.
§  Karena sebagian besar digunakan dalam keputusan yang tidak terprogram, maka menggunakan pendekatan baru dan menetapkan bukti baru untuk keputusan yang tidak biasa.
§  Membantu mengotomatisasi proses managerial.




2.    MIS (Management Information Systems) adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan.
Tujuan dari MIS sendiri adalah :
§  Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
§  Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
§  Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

3.    TPS (Transaction Processing Systems) adalah sistem yang menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data pada suatu organisasi.  Sistem yang berinteraksi langsung dengan sumber data (misalnya pelanggan) adalah sistem pengolahan transaksi, dimana data transaksi sehari-hari yang mendukung operasional organisasi dilakukan.
Tugas utama TPS adalah mengumpulkan dan mempersiapkan data untuk keperluan sistem informasi yang lain dalam organisasi, misalnya untuk kebutuhan sistem informasi manajemen, atau kebutuhan sistem informasi eksekutif.
4.    DBMS (Database Management Systems) adalah sistem penorganisasian dan sistem pengolahan Database pada komputer. DBMS atau database management system ini merupakan perangkat lunak (software) yang dipakai untuk membangun basis data yang berbasis komputerisasi.
DBMS (Database Management system) ini juga dapat membantu dalam memelihara serta pengolahan data dalam jumlah yang besar, dengan menggunakan DBMS bertujuan agar tidak dapat menimbulkan kekacauan dan dapat dipakai oleh user sesuai dengan kebutuhan.
DBMS ialah perantara untuk user dengan basis data, untuk dapat berinteraksi dengan DBMS dapat memakai bahasa basis data yang sudah di tentukan oleh perusahaan DBMS. Bahasa basis data umumnya terdiri dari berbagai macam instruksi yang diformulasikan sehingga instruksi tersebut dapat di proses oleh DBMS.
Contoh: MySQL, Oracle dll


Tujuan DBMS
·         Dapat digunakan secara bersama.
·         Kecepatan serta kemudahan dalam mengakses data.
·         Efisiensi ruang penyimpanan data.
·         Untuk menangani data dalam jumlah yang besar atau banyak.
·         Untuk menghilangkan duplikasi dan juga inkonsistensi data.
·         Untuk keamanan data.
5.    DBS ( Database Systems) adalah Tempat penyimpanan data dibuat sekali dan diakses oleh banyak user

Tugas 2
Jelaskan maksud dari :
1.      Independensi data dan akses yang efisien
2.      Mereduksi waktu pengembangan aplikasi
3.      Integritas dan keamanan data
4.      Administrasi keseragaman data
5.      Akses bersamaan dan perbaikan dari terjadinya crash

buatlah dengan kesimpulan Anda sendiri!

1.      Jadi data base management system akan menjamin indepedensi antara data dan program (indepedensi: suatu keadaan atau posisi dimana suatu hal tidak terikat dengan pihak manapun) data tidak bergantung pada program yang mengaksesnya, karena struktur data-nya dirancang berdasarkan kebutuhan informasi, bukan berdasarkan struktur program. Sebaliknya program juga tidak bergantung pada data, sehingga walaupun struktur data diubah, program tidak perlu berubah. Dalam hal mengakses menjadi lebih efisien karena program tidak bergantung pada data begitu sebaliknya
2.      Jadi mereduksi waktu pengembangan aplikasi (mereduksi = melakukan pengurangan atau pemotongan) ketika kita ingin mengembangkan aplikasi yang mencakup modifikasi, pemakaian ulang, dan mengelonya kita bisa mereduksi jika terjadi kesalahan dalam mengembangkan program (aplikasi)
3.      Didalam data base management system kita bias mengelola file-file data serta relasi-nya (relasi = hubungan) dengan tujuan agar data selalu dalam keadaan valid dan konsisten satu sama lain
4.      Kita bisa melihat struktur pola database, bisa memodifikasi pola, dan user bisa mengakses data tersebut
5.      Kita bisa mengakses bersama – sama dan  kita bisa juga melakukan perbaikan jika terjadi crash (crash = tabrakan ketika memproses secara bersamaan)


Komentar

Postingan Populer