Resource Komputer Dalam Sistem Operasi


Salah satu cara agar menjaga kinerja komputer kita adalah denga memonitor resource pada computer kita. Dengan mengetahui besar resource pada computer, kita bisa mengetahui besarnya penggunaan daya pada computer kita.
Untuk memonitor pada computer, Microsoft melengkapi dengan tool yang dapat membantu dan memantau performa pada keadaan system computer kita
1.      Windows 98 / ME memonitor resource in dilakukan dari Resource Meter.
2.      Windows XP / Server 2003 bisa dilihat dari Task Manager pada Tab Performance
3.      Windows Vista dapat dilihat dari Task Manager juga pada Tab Resource Monitor.
Bagi pengguna komputer baik itu komputer desktop maupun laptop dan notebook atau netbook tentu sangat menginginkan perangkat komputer yang digunakan selalu dalam kondisi yang baik dan prima. Dengan kondisi komputer yang baik kinerja komputer juga akan baik, akan sangat jarang menemukan terjadinya error atau hang. Kondisi komputer yang baik juga akan membuat pekerjaan dan aktivitas pengguna dalam memanfaatkan komputer berjalan dengan lancar dan nyaman tanpa ada gangguan yang berasal dari komputer yang dapat mengacaukan segala jenis pekerjaan yang menggunakan komputer yang rusak.
Komputer memang terdiri dari susunan banyak hardware yang sangat rentan terhadap gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan, sangat disarankan pengguna agar dapat mengetahui kondisi komputer dan dapat mengoptimalkannya. Bukan hanya dalam hal mengawasi perangkat keras atau hardware saja, namun juga memantau dan memonitoring keselarasan antara hardware dan software yang berjalan. Berbagai optimalisasi dapat dilakukan pengguna agar kinerja komputer dapat maksimal bisa dari optimalisasi hardware maupun juga optimalisasi dari segi perangkat lunak atau software.
Namun dalam hal pemantauan kinerja komputer terutama komputer Windows sangat penting mengawasi kondisi kesehatan dari sistem komputer ini. Kondisi kesehatan komputer yang baik akan membuat kinerja komputer dapat optimal begitu pula sebaliknya, kesehatan komputer yang buruk akan mengakibatkan kinerja komputer semakin menurun dan terhambat sehingga sering terjadi error yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras atau hardware bahkan mengancam data-data yang tersimpan pada hard disk yang terinstall pada komputer. Untungnya kesehatan komputer yang sangat berpengaruh terhadap hardware dan software ini dapat dimonitor.
Dalam sistem operasi Windows sudah disediakan banyak tools dan fitur agar sistem komputer dapat diatur dan dipantau selalu dalam kondisi yang baik. Untuk memantau kesehatan komputer ini pengguna dapat menggunakan tool Resource and Performance Monitor. Resource and Performance Monitor ini mampu untuk membuat laporan (generate) mengenai status penggunaan hardware yang terinstall, waktu respon dari sistem, serta juga termasuk bagaimana proses yang berjalan dengan konfigurasi pengaturan atau setting yang sedang diterapkan

Komentar

Postingan Populer