Pentingnya Sistem Informasi dibidang Pendidikan Sebegai Pendataan Siswa di sekolah



Sistem merupakan suatu kesatuan dari sekumpulan bagian – bagian yang memiliki hubungan diantara mereka dan berjalan secara terpadu. Suatu sistem sebagai seperangkat elemen yang membentuk kegiatan untuk menuju sebuah tujuan dengan mengoperasikan data pada waktu yang diinginkan untuk menghasilkan informasi. Pada dasarnya suatu sistem adalah untuk menangani sesuatu masalah yang sedang terjadi. Dalam lingkup organisasi pendekatan sistem sebagai struktur yang mengkoordinir kegiatan – kegiatan dan operasi – operasi dalam sebuah organisasi.

Informasi merupakan data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga berguna bagi yang menggunakanya. Banyak orang mengartikan data dan informasi sama. Namun data dan informasi berbeda. Data merujuk ada fakta – fakta berupa angka, teks, citra, suara yang mewakili sebuah kegiatan. Apabila data telah diolah melalui proses transformasi sehingga memiliki kegunaan, maka data berubah fungsi menjadi informasi.

Apa yang membuat sistem informasi penting dibidang Pendidikan?

1.      memudahkan pengelolaan data
pengelolaan data akademik maupun non akademik menjadi leboh efektif dan efisien. Dengan data – data menjadi lebih tersusun rapi dan terstruktur engan baik disistem informasi sekolah. Untuk memudahkan guru dan staff sekolah dalam melakukan pengolalaan data.

2.      Sebagai penyimpanan database disekolah
Pihak sekolah dapat menyimpan databse sekolah dari data siswa, guru, serta karyawan yang terdiri dari data akademik sekolah, kurikulim, administrasi, dll

3.      Meningkatkan pelayaan Pendidikan
Sistem informasi disekolah dapat menjadi saran komunikasi media penghubung antar warga disekolah. Orang tua siswa dan masyarakat dapat mengakses kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Pentingnya sistem informasi sekolah dapat dinilai dari sistem yang sudah dijalankan. Bagaimana sistem tersebut dapat melancarkan berbagi proses manajemen disekolah dengan fitur – fiturnya.

Komentar

Postingan Populer