Jurnal Sistem Informasi dibidang ekonomi bisnis


PENGARUH BISNIS E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP KEBUTUHAN JASA AUDIT E-COMMERCE

Bisnis E-Commece adalah bisnis yang sangat menjanjikan di jaman milenial ini. Bisnis ini beroperasi hanya dengan menggunakan jaringan internet dengan bantuan aplikasi maupun sosial media. Anggi & bagas, (2017) menyatakan bisnis e-commerce menggambarkan pertukaran atau kegiatan jual beli barang maupun jasa yang dilakukan dengan bantuan jaringan internet. Bisnis e-commerce dikatakan bisnis yang sangat menjanjikan karena bisnis e-commerce satu-satunya bisnis yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli tanpa batasan jarak dan waktu karena menggunakan jaringan internet. Sistem informasi akuntansi berbasis teknologi adalah suatu sistem yang digunakan untuk menyediakan informasi dengan cepat dengan bantuan komputer atau alat teknologi lainnya. Sistem informasi menurut (Indrayati, 2016:2) definisi Sistem Informasi yaitu: “Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur data yang dimana prosedur data tersebut dikumpulkan dan diproses menjadi sebuah informasi yang akan digunakan oleh pemakainya”. Kebutuhan jasa audit e-commerce merupakan suatu jasa yang diberikan seorang akuntan independen kepada para pelaku bisnis e-commerce. Di indonesia belum begitu mengenal jasa audit tersebut. Negara – negara yang sudah menggunakan jasa audit tersebut ialah negara Inggris, Cina, Jepang, Amerika.

Bisnis e-commerce merupakan suatau kegiatan jual beli barang maupun jasa dengan menggunakan jaringan internet. Bisnis e-commerce merupakan bisnis yang tidak memiliki batas apapun antara penjual maupun pembeli baik batasan jarak maupun waktu. Pengertian E-commerce menurut (Urbaczewski, 2015),“Electronic Commers is the use of computer networks to conduct business, basically the buying and selling of goods and services and information electronically with one’s suppliers, customer, or competitor, or among consumer. This definition provides for two main requirements to be met before commerce can be classified as electronic commerce: it must be online in some format, and it must be an exchange of value.”

Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi merupakan suatau sistem yang digunakan seorang akuntan untuk membuat suatu informasi yang akurat dengan bantuan teknologi komputer. Selain itu Selain itu menurut (Indrayati, 2016:4) Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan pihak luar dan pihak dalam.

Jasa audit e-commerce merupakan suatu jasa yang diberikan kepada seorang auditor independen kepada para pelaku bisnis e-commerce. Jasa audit yang diberikan berupa asuransi terhadap laporan keuangan para pelaku bisnis tersebut. Menurut (Nurhaya, 2016) audit e-commerce memiliki definsi yaitu: “Audit E-Commerce adalah audit yang dilakukan untuk memberikan assurance kepada pihak-pihak yang berkepentingan akan tingkat keamanan yaitu bahwa seluruh data yang dikirim via internet hanya dapat diakses oleh orang-orang yang berhak untuk bertransaksi secara on line pada suatu perusahaan ecommerce dan bahwa system transaksi e-commerce tersebut berjalan dengan baik”.

Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa variabel perkembangan bisnis ecommerce dan perkembangan sistem informasi akuntansi berbasis teknologi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kebutuhan jasa audit e-commerce. Hal ini membuktikan bahwa setiap perkembangan bisnis e-commerce dan sistem informasi akuntansi berbasis teknologi yang terjadi mempengaruhi kebutuhan akan jasa audit ecommerce. Transaksi elektronik yang menjadi inti dari e-commerce memiliki berbagai keunggulan bagi bisnis, karena dapat memotong biaya perusahaan secara signifikan dan lebih cepatnya informasi didapatkan secara real time. Namun tidak adanya bukti fisik mengenai transaksi, resiko kegagalan sistem, dan kerentanan terhadap virus merupakan resiko yang harus diterima perusahaan yang mengadopsi teknologi e-commerce.   Perkembangan teknologi e-commerce turut menjadi andil terhadap perkembangan sistem informasi akuntansi. Kebutuhan bagi perusahaan untuk memiliki sistem informasi akuntansi berbasis teknologi yang dapat diandalkan. Perkembangan bisnis e-commerce dan perkembangan sistem informasi akuntansi berbasis teknologi membutuhkan jasa auditor yang memiliki keahlian di bidang akuntansi dan memiliki keahlian di bidang teknologi informasi untuk dapat memahami resiko e-commerce yang kompleks.


Komentar

Postingan Populer