PERENCANAAN SUMBER DAYA ENTERPRISE (ERP)

 Silahkan download dan baca referensi, perhatikan dan fokus pada bab 1 introduction.


1. Dari pemahaman yang Anda baca, jelaskan menurut Anda apa itu ERP dengan bahasa sendiri

2. Pengamatan Anda di lingkungan tempat magang, bisakan diterapkan ERP dan mengapa?

3. Lakukan penelusuran lebih lanjut, instansi dalam pemerintahan atau finance/pembiayaan mana yang telah menerapkan ERP? Sebutkan referensi/sumbernya!

  • Perencanaan Sumber Daya Enterprise (ERP) adalah sistem yang berfungsi meningkatkan kualitas data, integritas data dan integrasi sistem. Pentingnya kualitas data harus mempunyai tentang kelengkapan data dan keakuratan data, kemudian integritas data bahwa data harus konsisten, bersertifikat dan dapat jadi rujukan. Dan terakhir adalah integrasi sistem dimana setiap sistem yang terhubung dalam sistem induk saling berhubungan satu dengan yang lain sesuai dengan kebutuhan.

Referansi : Enterprise Resource Planning and Business Intelligence Systems for Information Quality

  • Untuk ditempat magang di Kelurahan Tamantirto sangat perlu sekali diterapkan Perencanaan Sumber Daya Enterprise (ERP) mengingat banyaknya data yang harus diolah dengan menerapkan Sistem ERP  dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dan memperlancar proses bisnis dan membuatnya jadi lebih mudah, murah, cepat dan efisien. Dengan banyaknya data yang diolah sistem ERP dapat mengurangi dan menghilangkan duplikasi data

3.      TELKOMSEL : Diterapkannya Sistem ERP dikarenakan tuntutan perusahaan untuk mengikuti standar internasional, legacy information system, bagaimana peran penjualan, analisis terhadap biaya, dan bagaimana penulisan best practice, best process dan best functionality ke dalam suatu perangkat lunak.

PERTAMINA : Penerapan ERP didalam perusahaan memberikan manfaat antara lain Keselarasan antara Business Process, Peopledan IT, Metode pengembangan system, Pemanfaatan project management, Keselarasan antar company’s direction dengan IS’s direction.

PLN : Penerapan ERP iakan mengintegrasikan seluruh kantor PLN baik pusat maupun daerah secara online, dan seluruh kantor PLN tersebut akan terstandarisasi. Dengan penerapan ERP di lingkungan perusahaan, maka setiap pegawai diharuskan untuk beradaptasi dengan perubahan sistem yang terjadi.


Source : https://kuliahitblog.wordpress.com/2016/02/03/perusahaan-perusahaan-yang-menggunakan-aplikasi-erp/comment-page-1/

Komentar

Postingan Populer